Spanduk

Ambon, 06 Maret 2019 - Ketua Pengadilan Tinggi Ambon Bpk. Respatun Wisnu Wardoyo, S.H Melakukan Pencanangan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. Hadir dalam Kegiatan ini Gubernur Maluku Bpk. Ir. Said Assagaff, yang mewakili Kepala Kepolisian Daerah Maluku Inspektur Pengawasan Daerah Polda Maluku Komisaris Besar Polisi Drs. Sungkono, Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku Bpk. Triyono Haryanto, S.H., M.H, yang mewakili Panglima Daerah Militer XVI Pattimura Ambon Staf Ahli Bidang Ekonomi Koloner Infantri Tyas Koesharjadi, P.Sc., P.S.I, Kepala Kantor Wilayah Hukum dan Ham Propinsi Maluku Bpk. Drs. Andi Nurka, S.H., M.H, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Ambon Bpk. Drs. H. Sukiman Bp, S.H., M.H, yang mewakili Ketua Dewan Pimpinan Cabang Peradi Maluku Ibu Desy K. Halauw, S.H, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Ambon Bpk. Asli Ginting, S.H., M.H, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Ambon, Ketua Pengadilan Negeri Ambon, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Ambon, beberapa Kepala Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD), dan karyawan dan Karyawati Pengadilan Tinggi Ambon.

 forkopimda

Kegiatan Dimulai dengan Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, yang dilanjutkan dengan Deklarasi Komitmen Bersama yang di Pimpin oleh Ketua Pengadilan Tinggi Ambon dan diikuti oleh Wakil Ketua, Panitera, Sekretaris serta seluruh karyawan dan karyawati Pengadilan Tinggi Ambon.

deklarasi    ttd deklarasi  ttd deklarasi2

Ambon | Ketua Pengadilan Tinggi Jakarta, Bapak RESPATUN WISNU WARDOYO, S.H. mengambil sumpah dan melantik Saudara MOHAMMAD MUCHLIS, S.H., M.H. sebagai Ketua Pengadilan Negeri / Tipikor / Perikanan dan Hubungan Industrial Ambon Kelas IA dan Saudara ALI MURDIAT, S.H., M.H. sebagai Ketua Pengadilan Negeri dan Perikanan Tual Kelas II, pada hari Kamis, tanggal 04 Januari 2018, bertempat di ruang Sidang Utama Kantor Pengadilan Tinggi Ambon.

Dalam acara sambutan pengambilan sumpah dan pelantikan tersebut, Ketua Pengadilan Tinggi Ambon mengingatkan bahwa jabatan Ketua Pengadilan Negeri adalah suatu anugerah dan amanah serta kepercayaan pimpinan kepada Ketua Pengadilan Negeri untuk menyelesaikan implikasi yang timbul atas beraneka ragamnya perkara dengan kompleksitas permasalahan yang menyertainya.

Selanjutnya Ketua Pengadilan Tinggi Ambon juga menyampaikan bahwa sesungguhnya makna dari sumpah yang baru saja diucapkan dan pakta integritas yang ditandatangani adalah suatu kewajiban dan tanggung jawab untuk :

  • Menyelenggarakan peradilan di wilayahnya dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya.
  • Menjalankan peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya menurut Undang-undang Dasar 1945.
  • Mempertanggungjawabkan kewenangan dan kewajiban yang diberikan, baik bidang teknis maupun non teknis.

Pada akhir sambutannya, Ketua Pengadilan Tinggi Ambon meminta kepada Ketua Pengadilan Negeri yang baru dilantik agar senantiasa memahami dan menjabarkan kode etik pedoman perilaku hakim yang terdiri dari 10 butir : berperilaku adil, berperilaku jujur, berperilaku arif dan bijaksana, bersikap mandiri, berintegritas tinggi, bertanggung jawab menjunjung tinggi harga diri, berdisiplin tinggi, berperilaku rendah hati, dan bersikap profesional.

Ambon I Jumat, 08 Desember 2017 bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Tinggi Ambon dilaksanakan Acara Pengantar Tugas Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Ambon Bapak DR. MOCHAMAD DJOKO, S.H., M.Hum. sebagai Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Sumatera Selatan (Palembang).

Dalam acara tersebut, Ketua Pengadilan Tinggi Ambon Bapak RESPATUN WISNU WARDOYO, S.H. membawakan kata-kata sambutan yang isinya diantaranya berisi ucapan banyak terima kasih atas kerja keras dan kerja ihklasnya dalam membangun Pengadilan Tinggi Ambon dan Pengadilan Negeri sewilayah Maluku dalam meraih Akreditasi Penjaminan Mutu Badan Peradilan Umum dan pada saat pindah ke tempat tugas yang baru tetap membawa hal-hal baik yang telah dilakukan selama di Pengadilan Tinggi Ambon.

Acara pengantar tugas ini juga diisi dengan cinderamata dan tembang-tembang pengantar tugas yang dibawakan oleh KPT Ambon, WKPT Ambon, para Hakim Tinggi, Ibu-ibu Dharmayukti Pengadilan Tinggi Ambon dan seluruh karyawan-karyawati Pengadilan Tinggi Ambon.

Selamat bertugas di tempat yang baru buat Bapak DR. MOCHAMAD DJOKO, S.H., M.Hum.

Ambon | Jumat, 08 Desember 2017. Bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Tinggi Ambon, Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Bapak ASLI GINTING, S.H., M.H. sebagai Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Ambon yang sebelumnya menjabat sebagai Hakim Tinggi di Pengadilan Tinggi Surabaya.

Acara ini turut dihadiri pula oleh Ketua dan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Surabaya, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Ambon, Para Ketua dan Wakil Ketua Pengadilan Tingkat Pertama dari 4 lingkungan peradilan (Umum, Agama, TUN dan Militer) sewilayah Maluku, dan Rombongan Hakim dan Pegawai dari Pengadilan Tinggi Surabaya.

Pengambilan sumpah dan Pelantikan WKPT Ambon dilakukan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Ambon Bapak RESPATUN WISNU WARDOYO, S.H. Dalam sambutannya Ketua Pengadilan Tinggi Ambon menyampaikan kepada WKPT Ambon yang baru “tugas dan tanggung jawab sebagai Wakil Ketua Pengadilan Tinggi lebih besar dari pada tugas dan tanggung jawab sebagai Hakim Tinggi, hal tersebut diamanatkan dalam SEMA NO. 02 Tahun 1998, mudah-mudahan dengan berbagai pengalaman serta jam terbang yang cukup tinggi sebagai Hakim Tinggi dan juga pernah menjadi Ketua Pengadilan Negeri, InsyaAllah saudara dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dan secara professional.