Tual, pada hari Senin, tanggal 28 April 2014, Ketua Pengadilan Tinggi Ambon Bapak DR. H. SOEDARMADJI, S.H., M.Hum membuka Rapat Bersama dengan dengan para Hakim, Pejabat Struktural dan Fungsional, dan seluruh karyawan/ti Pengadilan Negeri Tual berkenaan dengan akan dilaksanakannya pemeriksaan dan pengawasan rutin oleh Tim Pengawas dari Pengadilan Tinggi Ambon berdasarkan SK KMA Nomor : KMA/080/SK/VIII/2006, tentang Pedoman Pelaksanaan Pengawasan di Lingkungan Lembaga Peradilan. Tim Pengawas Pengadilan Tinggi Ambon terdiri dari Bapak H. HARYANTO, S.H., M.H (Hakim Tinggi), Bapak KARTO SIRAIT, S.H. (Hakim Tinggi), Bapak I MADE SUPARTHA, S.H., M.H (Hakim Tinggi), Ibu SARAH MAELISSA, S.H., M.H. (Wakil Sekretaris), dan Ibu SOFIA MAITIMU (Panitera Muda Hukum).

Tim yang tiba di Pengadilan Negeri Tual ini bertujuan untuk melakukan pemeriksaan dan pengawasan rutin serta untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi oleh Pengadilan Negeri Tual dalam melaksanakan TUPOKSI dan semua aspek penyelengaraan peradilan sehari-hari, agar dapat diperbaiki dan ditingkatkan kinerja Pengadilan Negeri Tual sebagai salah satu Satuan Kerja yang berada dibawah Wilayah Pengadilan Tinggi Ambon sehingga tercipta suatu Peradilan yang Agung sebagaimana yang dicita-citakan dan terprogram dalam Blue Print MA-RI 2010 s/d 2035.

Kegiatan Pengawasan Rutin/Reguler oleh Tim Pengawasan dari Pengadilan Tinggi Ambon ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari kerja terhitung mulai dari tanggal 28 s/d 30 April 2014.

Setelah melakukan pemeriksaan dan pengawasan secara lengkap ke semua bagian Kepaniteraan dan Kesekretariatan, dan terhadap semua aspek penyelenggaraan peradilan, maka seluruh Hakim, Pejabat Fungsional, Pejabat Struktural, Staf, dan Tenaga Honorer Pengadilan Negeri Tual berkumpul di ruang sidang untuk mendengar dan mendapat pembinaan mengenai Hasil Evaluasi Pengawasan Rutin/Reguler yang telah dilaksanakan langsung oleh Bapak DR. H. SOEDARMADJI, S.H., M.Hum (Ketua Pengadilan Tinggi Ambon) dan Tim Pengawasan Pengadilan Tinggi Ambon.